Home > Pengembangan > MASA ORIENTASI SISWA (MOS) TAHUN 2011

MASA ORIENTASI SISWA (MOS) TAHUN 2011

Pada tahun 2011 ini, BKD Kab. Temanggung kembali diminta untuk menjadi salah satu fasilitator pelaksanaan MOS di SMA Negeri 2 Temanggung, dimana MOS tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 21-24 Juni 2011.

SMA Negeri 2 Temanggung, sebagai salah satu sekolah yang berstatus RSBI, telah lebih dahulu melakukan seleksi penerimaan murid baru dibandingkan sekolah yang lain, sehingga dapat melakukan MOS lebih awal dibandingkan sekolah yg lain pula.

Pada tahun sebelumnya (2010), BKD Kab. Temanggung bekerjasama dengan SMA Negeri 2 Temanggung dan teman-teman dari OSIS telah memulai sebuah upaya untuk merubah tradisi pelaksanaan MOS yg sudah berlangsung selama sekian tahun. semangat yang coba dibangun adalah bahwa MOS yang dilaksanakan harus dapat menghilangkan kesan “perpeloncoan” oleh kakak kelas terhadap adik kelas maupun pemberian tugas yang bersifat aneh-aneh dan tidak masuk akal.

Melalui musyawarah bersama dengan rekan-rekan OSIS (kakak kelas) maupun pihak Guru dan Tata Usaha Sekolah, dicapai suatu kesepakatan atas apa saja yang akan diberikan kepada para siswa baru tersebut dimana salah satunya berupa pemberian tugas oleh kakak kelas (OSIS) yang bersifat mendidik, sebagai contoh : bahwa siswa baru tetap diminta untuk membawa barang-barang tertentu, namun dipastikan bahwa barang-barang tersebut dapat mudah dicari dan bernilai ekonomi karena akan digunakan sebagai modal bagi Koperasi Siswa. Koperasi Siswa sendiri merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan sendiri oleh siswa untuk melatih dan memupuk semangat dan jiwa kewirausahaan sejak dini.

Belajar dari pengalaman di Tahun 2010 yang merupakan tahun awal kegiatan MOS dengan paradigma baru tersebut, di Tahun ini, MOS kembali dilaksanakan dengan semanagat yang sama serta persiapan yang lebih baik. BKD Kab. Temanggung sendiri diberi kesempatan untuk memberikan mareti Indoor berupa materi perubahan pola pikir (Mind Sett)siswa dan Outdoor berupa OutBound untuk siswa.

Pemberian materi Out Bound disesuaikan dengan usia dan kondisi siswa, dengan harapan utama : bahwa dalam waktu singkat, para siswa baru yg berasal dari berbagai SMP/SLTA dapat segera saling mengenal dengan sesama siswa, dengan kakak kelas, dengan guru dan karyawan serta lingkungan sekolah. Setiap Materi/Game yg diberikan selalu disertai dengan pemberian maknanya, sehingga siswa baru tersebut tidak hanya menikmati game yg diberikan namun juga mengerti makna dibalik game tersebut.

Pemberian materi indoor berupa upaya perubahan pola pikir dimaksudkan untuk menyiapkan siswa baru untuk memasuki dunia SMA yang sudah jauh berbeda dengan masa-masa selama mereka masih di tingkat SMP/SLTP. Materi yang diberikan menggunakan alat bantu multimedia sehingga tidak monoton dimana sebagian materi merupakan karya dari BKD Temanggung sendiri dengan menggunakan film atau gambar SMA Negeri 2 Temanggung itu sendiri.

Setiap materi yang diberikan kepada para siswa, kami kaji dari berbagai sisi dengan mendalam supaya tidak salah sasaran, difokuskan dari sisi psikologi dimana para siswa saat pertama masuk dunia SMA sesungguhnya sedang mengalami perkembangan psikologi yang luar biasa cepatnya.

Yang membedakan pelaksanaan MOS tahun 2011 ini dengan tahun 2010 yang lalu adalah tipe/jenis game yg diberikan, hal ini karena game yg kami berikan tahun lalu tentunya sudah pernah dilaksanakan oleh kakak kelas mereka yg sebagian tergabung dalam (OSIS)sehingga kami berusaha untuk membedakannya, sekaligus transfer pengetahuan dimana di kemudian hari ada kemungkinan MOS dapat dilakukan kembali sepenuhnya oleh Sekolah namun tetap dengan semangat yg sama untuk menghilangkan tradisi pelaksanaan MOS yg sudah berlangsung sekian lama sebelumnya.

SMA Negeri 2 sendiri juga bekerjasama dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) kab. Temanggung terutama dalam upaya untuk memberikan pengetahuan wawasan tentang lingkungan hidup, perlu diketahui pula bahwa SMA Negeri 2 temanggung juga tercatat sebagai sekolah yang berbasis pengembangan lingkungan hidup, hal ini nampak akan besarnya upaya SMA 2 Temanggung untuk melakukan pelestarian lingkungan dengan menanam berbagai macam jenis tanaman/pohon langka dilingkungan sekolah.

Sekiranya demikian saja yang dapat kami kabarkan, harapan kami semoga kegiatan MOS tersebut akan berjalan lancar dan mampu menjadi model pelaksanaan MOS disekolah yang lain.

- Temanggung, 19 Juni 2011 -

Categories: Pengembangan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 25 other followers

%d bloggers like this: